Konsultasi Publik dan Focus Group Discussion (FGD) Terkait Penyusunan KLHS RTRW Kab. Kubu Raya

Sehubungan dengan adanya program perencanaan lingkungan hidup kegiatan penyelenggaraan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Kubu Raya, maka Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kubu Raya menyelenggarakan Konsultasi Publik dan FGD terkait penyusunan KLHS RTRW Kabupaten Kubu Raya Tahun Anggaran 2022 di Ruang Pertemuan Hotel Dangau, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten  Kubu Raya Rabu (2/11/2022)

Kegiatan Konsultasi Publik dan  FGD dibuka langsung oleh Bapak Yusran Anizam, S.Sos, M.Si selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya kegiatan dihadiri oleh kepala dinas, kepala instansi terkait, sekretaris dinas, camat, konsultan dan tamu undangan lainnya.

Pada saat membuka kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya menyatakan  bahwa KLHS merupakan salah satu alat bantu yang berupaya memperbaiki kerangka pikiran perencanaan tata ruang wilayah untuk mengatasi persoalan lingkungan hidup. dan ia juga mengingatkan bahwa penyusunan dokumen KLHS ini harus berpedoman pada Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penyelenggaraan KLHS.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan mengidentifikasi isu pembangunan berkelanjutan dan isu pembangunan berkelanjutan strategis. Dimana hasil identifikasi tersebut akan dijadikan bahan pertimbangan dalam penyusunan KLHS. Sebagaimana yang diamanahkan dalam Undang–Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan hidup, bahwa setiap dokumen yang mengandung unsur kebijakan, rencana, dan program wajib didasarkan pada Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS). KLHS adalah rangkaian analisis yang sistematis, menyeluruh, dan partisipatif untuk memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah dan/atau kebijakan, rencana, dan/atau program.