Studi Banding Pengelolaan Laboratorium Lingkungan di UPTD Lab. Lingkungan DLH Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Kamis 22 September 2022, UPTD Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kubu Raya melaksanakan Studi banding terkait pengelolaan laboratorium lingkungan yang telah memiliki akreditasi ISO 17025:2017, salah satunya adalah UPTD Laboratorium Lingkungan DLH Kab. Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapaun pegawai yang mengikuti studi banding tersebut yaitu Bambang Sayekti, ST.,  Deli atika, S.KM.,  Anton Sujarwo, A.Md.

Salah satu aspek penting yang dapat mempengaruhi efektif dan efisien pengelolaan lingkungan hidup di suatu negara atau daerah adalah tersedianya laboratorium. Laboratorium  lingkungan mampu menghasilkan data valid dan reliabel, tidak terbantahkan serta dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah maupun hukum. Oleh karena itu peranan dan fungsi laboratorium lingkungan sangat vital dalam mendukung tugas – tugas pemerintah. Terutama bagi instansi berwenang dalam pengelolaan lingkungan hidup seperti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di pusat.

Harapan dari Kepala UPTD Laboratorium DLH Kabupaten Kubu Raya Bambang Sayekti, ST  dengan adanya studi banding ini salah satunya untuk  mengetahui proses untuk  akreditasi, dimana banyak komponen yang harus dipenuhi  seperti peralatan, personil  dan kaitannya dengan SNI. Kedepannya kita bisa  memulai untuk terakreditasi dimana proses tersebut sangat lama.